Tips Belanja Buku Online

Share

Hati-hati!
Penipuan dengan dalih menjual barang lewat internet sudah sering terjadi, karena itu kami akan memberikan beberapa tips agar Anda merasa aman dan nyaman dalam bertansaksi dengan kami :
  1. Pastikan Anda mengenal baik pemilik toko online
    Point ini adalah cara yang paling aman dalam transaksi online. Tapi, meskipun teman atau pernah kenal offline, belum tentu pemilik toko online memiliki reputasi yang baik dalam bisnis, karena itu coba gali informasi lebih dalam melalui teman-teman Anda yang lain, apakah teman atau kenalan Anda si pemilik toko online ini termasuk orang jujur, amanah atau malah sebaliknya?
  2. Pastikan bahwa toko online yang akan Anda hubungi tidak fiktif.
    Cukup banyak situs toko online yang hanya menampilkan nomor telephone/HP dan nomor rekening pribadi saja. Tanpa alamat yang jelas, meski ada, ternyata fiktif.
    Sebaiknya Anda periksa account lainnya untuk mengenal lebih dekat pemilik toko online tersebut, misalnya kenali lewat account  Facebook, Gmail, Yahoo (YM), blog atau lainnya, hingga yakin, Anda sedang menghubungi siapa.
  3. Lakukan komunikasi dengan si penjual
    Sebelum melakukan pesanan, sebaiknya kontak dulu penjual secara personal, baik telephone, SMS, chat atau Facebook. Lihat respon penjual, dari sini Anda bisa menilai apakah info kontak yang dipasang palsu atau tidak.
  4. Nomor Rekening Perusahaan
    Kasus penipuan sering terjadi karena pembeli mentransfer uang via rekening pribadi si penjual. Jika ada pilihan transfer via Rekening Perusahaan, sebaiknya Anda pilih transfer ke rekening tersebut. Lain halnya jika Anda sudah percaya 100% pada si penjual karena Anda telah mengenalnya dengan baik seperti pada point pertama.
  5. Cash On Delivery
    Jika Anda masih ragu, lakukan pesanan dengan cara COD (Cash On Delivery), pesanan dibayar ketika barang sampai di tangan Anda.
  6. Berdoa, Sabar dan Tawakal
    Berdoa agar barang sampai sesuai harapan Anda, sabar ketika menunggu pesanan yang akan sampai dalam waktu beberapa hari, serta tawakal, serahkan semuanya pada Allah SWT, karena Anda sudah melakukan cara-cara terbaik dalam bertransaksi online.

0 komentar:

Buku Ensiklopedi Indonesia
Buku Ensiklopedi Indonesia 6 members
Buku Ensiklopedi

Books we've read



View this group on Goodreads »